Langsung ke konten utama

Penjelajah Bahari dari Nusantara


Fakta baru tentang betapa gagah beraninya nenek moyang kita bangsa Indonesia sebagai penjelajah bahari sejati di zaman kuno makin terkuak.

Kita mengenal Columbus sebagai penjelajah bahari dari Spanyol abad XV yang “menemukan” dunia baru, daratan Amerika. Sebelum Columbus, kita mengenal Cheng Ho, penjelajah bahari dari Cina yang 5 kali mampir di Jawa dari 7 kali pelayarannya hingga mencapai pantai timur Afrika. Nama-nama yang juga terkenal sebagai penjelajah bahari diantaranya Bartholomeus Diaz, Marco Polo, dan Vasco da Gama.

Sebagai negeri kepulauan, tentu masuk akal jika penduduk Nusantara mustinya juga memiliki pelaut handal. Buku ini bercerita tentang pelaut-pelaut Indonesia yang datang ke Afrika pada masa lampau, jauh sebelum bangsa Eropa mengenal Afrika selain Gurun Saharanya, dan jauh sebelum bangsa Arab dan Shirazi mengarungi lautan dengan perahu dhow mereka untuk menemukan kota-kota eksotik seperti Kilwa, Lamu, dan Zanzibar. Kita tidak tahu pasti siapa orang-orang Indonesia ini, dari mana mereka datang, bagaimana dan mengapa mereka bisa sampai ke Afrika.

Tema tentang jejak langkah kebesaran nenek moyang kita Bangsa Indonesia selalu menjadi tema kegemaran saya. Banyak penelitian dan buku karangan berbagai ahli dari berbagai disiplin ilmu telah membuktikan kehebatan nenek moyang Bangsa Indonesia.
-
Buku terakhir yang sedang saya baca saat ini berjudul: “PENJELAJAH BAHARIPengaruh Peradaban Nusantara di Afrika,”
dengan sub judul: ”Bukti-bukti Mutakhir Tentang Penjelajahan Pelaut Indonesia Abad Ke-5 Jauh Sebelum Cheng Ho dan Columbus.” Buku setebal 378 halaman ini merupakan karya Robert Dick-Read dan diterbitkan oleh penerbit Mizan.

Penulis buku ini meneliti mengenai sisa-sisa peninggalan mereka di Afrika. Penelitiannya berawal ketika Read mengikuti presentasi Profesor Roland Oliver dan John Fage dalam seminar “Indonesia dan Afrika” di School of Oriental and African Studies. Tetapi awal ketertarikannya pada tema tersebut bermula pada 1957 ketika ia berada di Mozambik, dan untuk pertama kalinya mendengar bagaimana masyarakat Madagaskar, yang berbicara dalam bahasa asing, secara rutin melakukan perjalanan menuju Afrika dengan menggunakan kano-kano besar bercadik, mirip seperti kapal bercadik Indonesia. Dan rasa penasaran itu bertambah setelah mengetahui orang-orang itu menggunakan bahasa yang lebih mendekati bahasa Austronesia daripada bahasa Afrika.

Dalam buku ini diuraikan bahwa leluhur kita di masa prasejarah telah mencapai Benua Hitam Afrika, dan sangat banyak mempengaruhi beragam budaya dan kemajuan bangsa-bangsa asli di Afrika. Serta menjadi tulang punggung perdagangan antara kawasan Mediterania kuno, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.


Dari situ muncul hipotesis: bahwa antara abad ke-5 dan ke-7, kapal-kapal Nusantara mendominasi pelayaran dagang di Asia. Bahwa pada abad-abad itu perdagangan bangsa Cina banyak bergantung pada jasa para pelaut Nusantara. Bahwa sebagian teknologi kapal jung dipelajari bangsa Cina dari pelaut-pelaut Nusantara, bukan sebaliknya. Bahwa emas yang berlimpah di Sumatera yg dijuluki Swarnadwipa (pulau emas) berasal dari Zimbabwe. Bahwa tambang-tambang emas kuno di Zimbabwe dibangun oleh para perantau Nusantara.

Bagian pertama buku ini mendeskripsikan mengenai apa yang terjadi di pulau-pulau di kawasan Asia Tenggara dan wilayah sebelah utara Lautan Hindia dari masa-masa awal hingga akhir milenium pertama era Masehi.

Dimulai dengan pengenalan singkat sejarah maritim di pulau-pulau tersebut, bagaimana masyarakat pastilah memiliki semacam perahu untuk menyeberangi 70 km laut lepas untuk mencapai Australia pada sekitar 50.000 hingga 60.000 tahun yang lalu, suatu kebutuhan mutlak akan adanya budaya berperahu untuk bertahan hidup di wilayah yang terdiri dari 30.000 lebih pulau. Bagaimana sesudah itu mereka menemukan hampir semua pulau tak dikenal di Lautan Pasifik, dan dugaan bahwa mereka juga berlayar ke barat menuju Lautan Hindia sebelum wilayah itu dijelajahi oleh para pelaut Mesir, India, Yunani, dan Roma.

Dalam bagian ini juga disinggung hubungan perniagaan antara Roma dan India serta Timur Jauh, dan misteri yang menyelimuti kayu manis dan cassia dari Indonesia yang tidak perlu singgah di India untuk menemukan jalan menuju Roma melalui Horn of Africa. Dan ini menjadi katalisator terbentuknya masyarakat Indonesia di pantai Afrika. Cina jelas memiliki peranan penting dalam perniagaan di kawasan Mediterania, tetapi yang mengejutkan, tampaknya Cina lebih banyak mempercayakan pengiriman lewat laut kepada pelaut Indonesia hingga periode milenium pertama era Masehi. Bangsa Persia dan Arab tidak ketinggalan dalam bazar Samudera Hindia yang menguntungkan itu, tetapi mereka bisa dikatakan pendatang kesiangan dalam percaturan pelayaran jarak jauh tersebut. Terbukanya perniagaan lewat laut itu berdampak pada bermunculannya kerajaan-kerajaan berbasis perniagaan seperti Funan, Kan-to-li, Ho-ling, dan tak terkecuali kerajaan terkuat masa itu, Sriwijaya, dengan angkatan laut pertama yang diorganisasikan dengan baik di wilayah itu.

Bagian pertama buku ini diakhiri dengan perjalanan melalui hutan-hutan bakau dan pulau-pulau kecil di perairan Indonesia untuk mencari jati diri “para pengembara laut” yang menjadi tulang punggung armada militer kerajaan Sriwijaya, yang mungkin juga telah membawa para pelaut Indonesia ke Afrika dan Madagaskar. Maka tersebutlah suku-suku seperti Bajo, Bugis, Mandar, dan Makassar sebagai pelaut-pelaut ulung yang diduga paling mungkin terlibat dalam pelayaran ke Madagaskar dan pantai Afrika.

Bagian kedua buku ini beralih ke Afrika. Di benua itu ada kelompok masyarakat yang disebut “Zanj” yangmendominasi pantai timur hampir sepanjang milenium pertama Masehi. Siapakah “Zanj” yang misterius itu, yang namanya merupakan asal dari nama bangsa Azania, Zanzibar, dan Tanzania itu? Banyak petunjutk, (hubungan mereka dengan Zabag atau Zanaj yang berasal dari Jawa atau Sumatera), mengarah pada hubungan erat dengan Indonesia, dan mungkin Zanj adalah ras Afro-Indonesia. Penting diketahui bahwa era pertambangan emas Zimbabwe pada masa lampau berada pada zaman yang sama dengan masa kejayaan Sriwijaya di Sumatra (Swarnadwipa=Pulau Emas) yang secara politis membutuhkan emas dalam jumlah besar. Dalam bagian ini juga ditelaah mengenai siapakah bangsa Malagasi. Hasil investigasi yang dilakukan mengarah pada asal-usul dari Sulawesi barat daya.

Dalam bidang musik, diduga kuat ada pengaruh Indonesia di Afrika. Alat musik bambu Afrika memiliki kemiripan dengan alat-alat musik Asia Tenggara, seperti xylophone yang terdapat di relief candi Borobudur. Di bidang pertanian, pisang raja dan ubi jalar diduga diperkenalkan orang-orang Indonesia ke Afrika. Demikian juga tanaman jagung yang berasal dari Amerika Tengah, mula-mula dibawa pulang oleh penjelajah Asia, baru kemudian dikenalkan oleh pelaut Indonesia ke Afrika. Bahkan pelaut Indonesia diduga telah mengelilingi Semenanjung Harapan dan berlayar ke Afrika Barat. Setelah perjalanan yang penuh keberanian dari replika “perahu Borobudur” pada 2004, tak ada lagi keraguan bahwa mereka mampu melakukannya.


Bahkan dibuktikan juga bahwa bangsa India, bangsa Cina dan  bangsa Arab yang diketahui selama ini memiliki ketangguhan dalam penjelajahan bahari banyak mengadopsi teknologi ke-bahari-an nenek moyang banga Indonesia.
-

“Penjelajah bahari Indonesia di masa lampau telah datang ke Afrika, jauh sebelum bangsa Eropa mengenal Afrika selain Gurun Sahara-nya, dan jauh sebelum bangsa Arab dan Shirazi berlayar mengarungi lautan lepas dengan perahu dhow mereka untuk menemukan kota-kota eksotis, seperti Kilwa, Lamu, dan Zanzibar. “ (hal.7)
-
Meski catatan sejarah tentang kedatangan para penjelajah bahari sejati ini sangat sedikit, namun dalam buku ini diungkapkan secara gamblang sebagai berikut:
-
“……sisa-sisa peninggalan mereka di Afrika jauh lebih banyak daripada yang diketahui secara umum: di bawah permukaan Afrika yang kita ketahui sekarang, jejak-jejak kaki dan sidik jari dari hantu-hantu pendatang tak terhitung banyaknya.” (hal. 7)
-
Jejak-jejak para penjelajah bahari sejati leluhur kita ini tidak hanya tampak di Madagaskar dan sepanjang pantai Timur Afrika, namun mencapai pantai Barat Afrika dan jauh menusuk ke jantung kawasan Benua Hitam Afrika. Banyak kebudayaan di wilayah-wilayah tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan Indonesia.
-
Keahlian bercocok tanam, teknologi pengolahan logam (metalurgi), dan berbagai bentuk budaya khususnya budaya musik sangat jelas dipengaruhi oleh kebudayaan Indonesia.
-
Jangan kaget kalau sejenis xilofon atau instrumen gambang dalam gamelan menjadi alat musik tradisional di banyak tempat di Benua Afrika, yaitu di lintasan wilayah Sub-Sahara dari Gambia menuju Danau Victoria, dan menikung tajam melintasi Kongo bagian selatan dan wilayah-wailayah Afrika Selatan dan Mozambik.  Etnomusikolog Jaap  Kunst menyimpulkan dengan sangat tegas:
-
           ”…..alat musik itu berasal dari Jawa, lalu masuk ke Afrika.” (hal. 205)
-
Tentang keahlian bercocok tanam di lahan basah (sawah), seorang peneliti senior Jepang mengungkapkan bahwa keahlian ini ditemukan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia di masa prasejarah, kemudian disebarkan ke Daratan Cina dan mencapai ke Kepulauan Jepang. (Harian: Kompas)
-
Saat ini di tengah carut-marutnya penyelenggaraan negara kita yang sangat menyesakkan, menyimak isi buku ini menjadi oase yang teramat menyegarkan. Dan, sekedar untuk mengingatkan akan kebesaran Bangsa Indonesia di masa lalu yang harus kita jaga dan tingkatkan di masa sekarang dan di masa depan.

Komentar

Destya Saputri mengatakan…
ijin berkunjung dan menyimak ya pak :)

Postingan populer dari blog ini

Rubah dan Kambing

Suatu hari seekor Rubah sedang berjalan di tengah hutan..  Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin..  Karena asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar..  Beberapa saat kemudian ada seekor Kambing datang ke sumur itu..... Kambing itu bertanya,  "Apa yang kamu lakukan?" "Aku sedang menikmati Air termanis yang pernah kuminum" jawab Rubah...  Kambing pun berkata, "Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya"  Rubah pun berkata, "Kenapa kamu tidak bergabung bersama ku?"  Tanpa Pikir Panjang, Kambing itu masuk ke dalam sumur dan Rubah segera Melompat dengan memanjat punggung Kambing lalu meninggalkannya... Kini giliran Kambing yang tidak bisa keluar dari sumur.. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh Rubah...... (Catatan) : Sikap Terburu-buru tanpa Pikir Panjang selalu membuat kita Melakukan Kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.. Apalagi jika kita Mudah tergi

Pangawikan Pribadi (Pengenalan Diri)

"Di atas bumi dan di bawah langit ini tidak ada yang pantas dicari-cari (diburu) ataupun ditolak (disingkiri) secara mati-matian." (Ki Ageng Suryomentaram) Dunia berputar dengan perubahan yang cepat luar biasa. Perubahan terutama menyangkut aspek perilaku, perasaan, dan pikiran manusia. Pikiran manusia merupakan asal dari segala perubahan.              Bila pikiran kita jernih, keheningan jiwa dapat dirasakan, dan perilaku menjadi tenang, mendatangkan ketenangan dalam kehidupan di sekeliling kita. Sebaliknya, bila pikiran berantakan, perasaan atau jiwa kita terasa kacau, dan perilaku kita juga mengacaukan kehidupan di sekeliling kita.              Dari mana datangnya kejernihan pikiran? Ini merupakan inti persoalan hidup kita jika kita ingin merasakan kebahagiaan sejati dalam meng-arungi hidup dalam keadaan seperti apa pun. Sebagian dari kita tidak memedulikan hal ini, dan menjalani hidup secara serampangan mengikuti arus kehidupan materi yang adanya di luar diri

MORAL DI BALIK KISAH WAYANG

Kisah wayang adalah kisah tentang wayang, kisah tentang tokoh-tokoh yang barangkali sebetulnya tidak pernah ada di dunia ini. Besar kemungkinan, tokoh-tokoh ini diciptakan oleh pengarangnya, sebagai simbol gejala gejala yang dianggapnya hadir di dunia. Harus diingat bahwa kisah wayang berasal dari India, sebuah negara dengan latar belakang budaya yang berbeda dengan negara atau bangsa lain. Banyak orang di India yang percaya adanya para dewa. Karena itu, tidak mustahil bahwa salah satu tokoh wayang, adalah simbol dari dewa tertentu. Juga ada kemungkinan bahwa salah satu tokoh, adalah simbol dari nafsu tertentu, atau bahkan simbol dari ilmu tertentu. Dugaan bahwa tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ada baiknya kita mulai denga