Langsung ke konten utama

Berjuang Segenap Jiwa Raga, Matipun Bangga



Sobat Professional 1ndONEsia...seringkali kita menonton film-film heroik yang diwarnai peperangan dahsyat. Seperti Saving Private Ryans, Pearl Harbour, black hawk down, band of brothers hingga The Pacific atau yang paling berkesan sand of Iwo Jima. Namun perwatakan yang paling mengesankan bagi saya adalah film-film yang dibintangi Mel Gibson atau film yang dibuat atau disutradarai oleh Tom Hanks

Asyik banget menonton film-film perjuangan. Saya sampai bisa ikut merasakan, betapa gigih dan dahsyatnya perjuangan mereka membela negara. Segala daya upaya dikerahkan sepenuhnya untuk melawan musuh baik tenaga, kecerdasan, strategi dan modal kekuatan persenjataan agar menang dalam peperangan. Resiko terberat pun dihadapi dengan jantan. Ada yang hancur kakinya, pecah kepalanya, atau tak berbentuk lagi tubuhnya karena terkena dahsyatnya ledakan granat dan mesiu. Ada pula yang terkoyak dagingnya, berlobang dada, perut atau dahinya karena tertembus ganasnya desingan peluru, atau terkelupas kulit sekujur tubuhnya karena kobaran api peperangan.

ada sebuah film drama perang "life is beautiful" yang menggambarkan sosok ayah yang sederhana dimana selalu berusaha untuk dapat menghibur anaknya walaupun kondisinya tidak mungkin untuk dapat tertawa. Namun sang ayah berusaha untuk tertawa dan menghibur untuk anaknya...hanya ingin melihat anaknya bahagia dalam berbagai kondisi yang ada.

Tak terbayangkan, bagaimana heroiknya lagi jika kita bisa menikmati film-filmnya perjuangan Bung Tomo, Panglima Sudirman atau Pangeran Diponegoro melawan para penjajah. Mungkin darah kita akan mendesir merasakan berada di tengah-tengah pertempuran mereka membela kehormatan bangsa.

Hancur badan atau nyawa melayang tentu sudah resiko peperangan. Dan tentu sudah diperhitungkan sebelumnya. Walaupun mati adalah resiko terberat dalam sebuah perjuangan, karena artinya dia sendiri tidak akan bisa menikmati perjuangan tersebut (itupun kalau berhasil).

Tapi tetap saja pejuang itu pantang menyerah. Baginya, arti kematian dirinya mungkin tidaklah begitu berarti. Namun itu akan sangat berarti bagi pejuang lainnya, menjadi cambuk semangat dan inspirasi bagi pejuang-pejuang penerus berikutnya.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita bukan tentara atau jendral dalam perang? Bahkan seorang tentara ataupun jendral ketika tidak ada peperangan akan sulit mengejawantahkan arti kepahlawanan jika tanpa pertempuran. Lalu, bagaimana dengan kita?

Profesi paling melekat dengan kepahlawanan, selain perjuangan dalam peperangan adalah atlet olah raga atau ikut dalam kompetisi tertentu. Mungkin mudah bagi mereka untuk membela negara, mengharumkan atau berjuang demi nama baik bangsa. Akan tetapi, bagaimana jika kita seorang wiraswasta, dosen, mahasiswa, guru, pedagang atau bahkan petani atau nelayan?

Amat banyak dari kita kadang terlalu menganggap remeh diri kita sendiri, bahkan merendahkan martabat sendiri. Saya pernah membaca berita, katanya banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi lebih memilih tidak malu mengaku sebagai orang miskin agar bisa mendapatkan jatah BLT (Bantuan Langsung Tunai). Tentu dia lebih senang menerima sumbangan (rela dianggap orang miskin), daripada berjuang jadi orang terhormat (yang bisa menyumbang misalnya).

Selebihnya, jika bertanya pada diri sendiri. Siapa kita? jawabannya malah dikonotasikan kurang terhormat, kurang berderajat, atau kurang elit. Kita lebih senang mengkonotasikan diri kita sebagai kaum rata-rata, orang biasa-biasa saja. Akhirnya karena sudah sugesti, ya tetap saja jadi orang biasa.

Padahal, jika kita berani memikirkan yang besar, yang positif dan membangun. Kita orang Insya Allah juga bisa menjadi besar. Besar yang dipikirkan, besar yang dilakukan, dan akan besar pula impactnya bagi kehidupannya.

Berpikir Besar

Untuk bisa berfikir besar, memang dibutuhkan keyakinan. Untuk memiliki keyakinan dibutuhkan ilmu dan pengalaman. Nah, oleh karena itu, ilmulah titik utamanya. Sehingga mengapa Al-Qur’an sangat mengutamakan menuntut ilmu.

Akan tetapi, seringakali orang menuntut ilmu tidak dengan semangat / motivasi yang besar. Dia hanya mengikuti ritme linier, menurut kurikulum yang ada. Sehingga, banyak dari sarjana yang lulus, akan tetapi tidak memiliki visi dan semangat perjuangan. Ini juga bisa menjadi ketimpangan tersendiri.

Yang ideal adalah menuntut ilmu dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan bukan hak asasi para pejuang kemerdekaan, olahragawan, atau pahlawan bangsa. Semangat juang adalah hak tiap warga negara yang ingin membela bangsa dan negaranya. Boleh mahasiswa, boleh pengusaha, boleh petani atau nelayan.

Akhirnya, yang menjadi fokus dari semua nilai perjuangan adalah niat. Meluruskan niat agar memiliki sikap kepahlawanan butuh perenungan dan berpikir. Memang tidak mudah memiliki semangat juang pahlawan kalau jadi seorang petani. Tidak mudah pula untuk seorang ibu rumah tangga.

Akan tetapi Allah sudah mentakdirkan kita menjadi apa yang saat ini kita hadapi. Tinggal bagaimana kita bisa bersyukur, menjalani dan mengisinya, dengan semangat perjuangan bak pahlawan. Menjadi bangsa sejati, berjuang segenap jiwa dan raga membela kehormatan bangsa dan negara dengan segenap kemampuan yang ada. Sehingga, kalaupun kita mati di hutan, yang tak seorang pun tahu jasadnya, kita masih bisa tersenyum dan bangga. Bahwa kita sudah bisa menjadi pahlawan sejati, mengabdikan segenap hidup kita dengan penuh abdi. Tetap berbagi...untuk 1ndONEsia lebih baik...(wicaksana'12)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rubah dan Kambing

Suatu hari seekor Rubah sedang berjalan di tengah hutan..  Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin..  Karena asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar..  Beberapa saat kemudian ada seekor Kambing datang ke sumur itu..... Kambing itu bertanya,  "Apa yang kamu lakukan?" "Aku sedang menikmati Air termanis yang pernah kuminum" jawab Rubah...  Kambing pun berkata, "Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya"  Rubah pun berkata, "Kenapa kamu tidak bergabung bersama ku?"  Tanpa Pikir Panjang, Kambing itu masuk ke dalam sumur dan Rubah segera Melompat dengan memanjat punggung Kambing lalu meninggalkannya... Kini giliran Kambing yang tidak bisa keluar dari sumur.. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh Rubah...... (Catatan) : Sikap Terburu-buru tanpa Pikir Panjang selalu membuat kita Melakukan Kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.. Apalagi jika kita Mudah tergi

Pangawikan Pribadi (Pengenalan Diri)

"Di atas bumi dan di bawah langit ini tidak ada yang pantas dicari-cari (diburu) ataupun ditolak (disingkiri) secara mati-matian." (Ki Ageng Suryomentaram) Dunia berputar dengan perubahan yang cepat luar biasa. Perubahan terutama menyangkut aspek perilaku, perasaan, dan pikiran manusia. Pikiran manusia merupakan asal dari segala perubahan.              Bila pikiran kita jernih, keheningan jiwa dapat dirasakan, dan perilaku menjadi tenang, mendatangkan ketenangan dalam kehidupan di sekeliling kita. Sebaliknya, bila pikiran berantakan, perasaan atau jiwa kita terasa kacau, dan perilaku kita juga mengacaukan kehidupan di sekeliling kita.              Dari mana datangnya kejernihan pikiran? Ini merupakan inti persoalan hidup kita jika kita ingin merasakan kebahagiaan sejati dalam meng-arungi hidup dalam keadaan seperti apa pun. Sebagian dari kita tidak memedulikan hal ini, dan menjalani hidup secara serampangan mengikuti arus kehidupan materi yang adanya di luar diri

MORAL DI BALIK KISAH WAYANG

Kisah wayang adalah kisah tentang wayang, kisah tentang tokoh-tokoh yang barangkali sebetulnya tidak pernah ada di dunia ini. Besar kemungkinan, tokoh-tokoh ini diciptakan oleh pengarangnya, sebagai simbol gejala gejala yang dianggapnya hadir di dunia. Harus diingat bahwa kisah wayang berasal dari India, sebuah negara dengan latar belakang budaya yang berbeda dengan negara atau bangsa lain. Banyak orang di India yang percaya adanya para dewa. Karena itu, tidak mustahil bahwa salah satu tokoh wayang, adalah simbol dari dewa tertentu. Juga ada kemungkinan bahwa salah satu tokoh, adalah simbol dari nafsu tertentu, atau bahkan simbol dari ilmu tertentu. Dugaan bahwa tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ada baiknya kita mulai denga