Langsung ke konten utama

Spirit for Better 1ndONEsia 2012



Integritas Sepanjang Masa

Semagat Pagi Sobat Professional, Tujuh tahun perjalanan bisnis maupun sebagai bisnis partner, Humanika Consulting memiliki banyak pelajaran yang diambil dari Sobat-Sobat Internal maupun dari Sobat Klien Humanika Consuting itu sendiri.  Berbagai cerita inilah yang membentuk semangat dan karakter Humanika Consulting hingga saat ini dan masa yang akan datang.

Tahun 2011 merupakan tahun dimana ujian dan tantangan bisnis semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya tantangan pencarian jati diri bisnis, program-program yang kreatif dan inovatif hingga beberapa kali terjadi penggantian tim di dalamnya.  Keunikan di tahun 2011, secara intenal, saya menyebutnya “Tantangan Integritas”. Kenapa saya sebut demikian, Integritas merupakan salah satu core value yang dimiliki oleh Humanika Consulting yang menduduki urutan pertama. Dan dalam setiap kesempatan saya selalu mengatakan bahwa Integritas merupakan satu kesatuan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan atau dengan kata lain TOTALITAS. Dan inilah yang menjadi tantangan terberat dan terbesar di tahun 2011. Di tahun 2011 itu juga dikenal dengan fase “kesadaran” atau “Melek Integritas”, ternyata selama ini, secara sengaja atau tidak disengaja lingkunganlah yang menarik dan mempengaruhi Humanika Consulting dalam mengarahkan prilaku bisnisnya, bukan Humanika Consulting sendiri ! Sehingga banyak hal-hal yang dilupakan atau sengaja tidak diperhatikan dari kata dan konsep integritas dalam prilaku bisnisnya.  Tuntutan hati dan Sobat-Sobat internal yang mendukung untuk dapat mngambil keputusan untuk mengatakan TIDAK untuk hal-hal yang menyalahi Integritas yang Humanika Consuting yakini. Praktis berpengaruh pada omset dan profit dari perusahaan, namn secara praktis juga menunjukkan pertumbuhan positif dalam memaknai hubungan dan silaturahim di dalam perusahaan dan di luar perusahaan.  Sensai inilah yang menjadi catatan penting di tahun 2011 ini. 

Saya jadi teringat obrolan warung kopi bersama rekan pebisnis yang mengatakan bahwa bisnis itu kotor jika ingin bertahan dan berkembang di persada ini, namun saya meyakini dan mengatakan bahwa bisnis kebaikan juga dapat tumbuh subur di tanah ini. Walaupun kami memiliki pandangan yang berbeda, namun hubungan kami tetap terjalin dengan baik dan tetap saling menghormati dengan pilihan jalan yang telah dipilih. Dan inilah yang coba saya dan tim buktikan dan jalani di tahun 2011 ini. Terima kasih Sobat-Sobat tim Internal yang telah bededikasi dengan kata INTEGRITAS.
Entah kenapa, dan ajaibnya lagi..., sobat-sobat klien memberikan inspiratif bagi kami.  Saya terinspirasi dengan kata-kata seorang CEO salah satu perusahaan di cikarang yang mengatakan “Make it Time”, artinya kitalah yang harus berkuasa terhadap waktu yang ada. Jangan sampai kita terseret-seret oleh waktu bahkan waktu dapat menganiaya diri kita sendiri. Jika itu dirasakan penting...MAKE IT TIME ! jadi kitalah yang dapat menentukan apa yang harus dan yang ingin kita capai atau kita yakini. 

Partner konsultan Humanika Consulting, juga mengingatkan dalam perbincangan ringan disela-sela padatnya pekerjaan dengan bertanya kepada saya, apakah Islam mengajarkan untuk hemat? Apakah hemat bisa mencapai kesuksesan ? Ternyata Islam mengajarkan untuk berinvestasi, yaitu dengan amal dan ibadah di dunia untuk mendapatkan kesuksesan secara utuh. Sungguh-sungguh perbincangan yang inspiratif bagi saya, membuka pikiran dan hati saya untuk dapat berbuat lebih banyak lagi untuk sesama dan Indonesia. Karena tangan di atas akan lebih baik daripada tangan di bawah. Memberi akan lebih baik daripada yang meminta bantuan, atau mengemis. Disinilah tingkat kedaaman dari konsep integritas. Tidak hanya satu kesatuan dalam berprilaku, juga mampu memiliki “Mental Kaya”, yaitu Memberi. Dan inilah yang di Inspirasikan oleh pendiri konsep SOBAT – Semua Orang Bisa Hebat, Hillon I Goa, memberikan inspiratifnya dari awal perusahaan untuk memulai bisnis hingga sekarang, dengan memberikan konsep SOBAT dengan totalitas kepada pihak Humanika Consulting, dan konsep itulah yang saya jalankan dalam kehidupan bisnis saya...dan ternyata dengan “memberi” khususnya segala sesuatu yang menatangkan manfaat dan kesejahteraan bagi orang banyak akan membuat bisnis dapat mencapai waktu yang tak terhingga. Sepeti yang dicontohkan oleh banyak perusahaan besar didunia, seperti General Electric, dari zaman Thomas Alva Edison, hingga kini perusahaan tersebut masih berdiri dan bahkan berkembang dan tersebar di hampir seluruh dunia. Itulah hasil yang didapatkan dari kerja keras dan “mental kaya” penemunya  untuk memberikan kebaikan, kebermanfaatan dan kesejahteraan untuk dunia dengan menciptakan lampu. Saya terinspirasi untuk meniru apa yang telah GE perbuat, sehingga ditahun 2012 yang menjadi tagline kami dari “Unique People Creates Unique Company”, menjadi ” Empower The Future”. Diharapkan Humanika Consulting menyiapkan diri untuk mampu berpikir inovasi tanpa batas untuk kesejahteraan manusia. Salah satu rencana konkrit yang dibuat untuk di tahun 2012 adalah salah satunya adalah membuat lembaga non-profit yang bergerak memberikan pelayanan mendukung dunia pendidikan dan kesehatan dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM Indonesia nantinya. Untuk rencana nama kami sudah coba membuat, “Berbuat Baik Center”. Mohon dukungan doa hingga diskusi aktif untuk memperkaya tindakan-tindakan di masa yang akan datang dapat lebih berkualitas lagi, bukankah berpikir dengan banyak kepala akan lebih baik daripada berpikir dengan satu kepala saja?

Masih banyak cerita dan pengalaman terkait dalam perjalanan bisnis, emosional dan spiritual dari Humanika Consulting, sangat banyak pemikiran hebat-hebat dari Sobat klien, Sobat Pebisnis, dan Sobat Internal  bahkan Sobat Mahasiswa, telah berkontribusi untuk pembentukan dan pengembangan karakter integritas bagi Humanika Consulting.

Dengan Kerendahan hati, Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1433 H yang jatuh pada tanggal  27 November  2011 lalu dan saat ini mengucapkan Selamat Tahun Baru Masehi yang akan datang beberapa saat lagi.

Semoga di masa-masa yang akan datang kita dapat “memberi” segala sesuatu terbaik yang kita miliki untuk kesejahteraan umat manusia. Spirit for Better 1ndONEsia dan salam SOBAT !

Wicaksana, 2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rubah dan Kambing

Suatu hari seekor Rubah sedang berjalan di tengah hutan..  Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin..  Karena asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar..  Beberapa saat kemudian ada seekor Kambing datang ke sumur itu..... Kambing itu bertanya,  "Apa yang kamu lakukan?" "Aku sedang menikmati Air termanis yang pernah kuminum" jawab Rubah...  Kambing pun berkata, "Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya"  Rubah pun berkata, "Kenapa kamu tidak bergabung bersama ku?"  Tanpa Pikir Panjang, Kambing itu masuk ke dalam sumur dan Rubah segera Melompat dengan memanjat punggung Kambing lalu meninggalkannya... Kini giliran Kambing yang tidak bisa keluar dari sumur.. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh Rubah...... (Catatan) : Sikap Terburu-buru tanpa Pikir Panjang selalu membuat kita Melakukan Kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.. Apalagi jika kita Mudah tergi

Pangawikan Pribadi (Pengenalan Diri)

"Di atas bumi dan di bawah langit ini tidak ada yang pantas dicari-cari (diburu) ataupun ditolak (disingkiri) secara mati-matian." (Ki Ageng Suryomentaram) Dunia berputar dengan perubahan yang cepat luar biasa. Perubahan terutama menyangkut aspek perilaku, perasaan, dan pikiran manusia. Pikiran manusia merupakan asal dari segala perubahan.              Bila pikiran kita jernih, keheningan jiwa dapat dirasakan, dan perilaku menjadi tenang, mendatangkan ketenangan dalam kehidupan di sekeliling kita. Sebaliknya, bila pikiran berantakan, perasaan atau jiwa kita terasa kacau, dan perilaku kita juga mengacaukan kehidupan di sekeliling kita.              Dari mana datangnya kejernihan pikiran? Ini merupakan inti persoalan hidup kita jika kita ingin merasakan kebahagiaan sejati dalam meng-arungi hidup dalam keadaan seperti apa pun. Sebagian dari kita tidak memedulikan hal ini, dan menjalani hidup secara serampangan mengikuti arus kehidupan materi yang adanya di luar diri

MORAL DI BALIK KISAH WAYANG

Kisah wayang adalah kisah tentang wayang, kisah tentang tokoh-tokoh yang barangkali sebetulnya tidak pernah ada di dunia ini. Besar kemungkinan, tokoh-tokoh ini diciptakan oleh pengarangnya, sebagai simbol gejala gejala yang dianggapnya hadir di dunia. Harus diingat bahwa kisah wayang berasal dari India, sebuah negara dengan latar belakang budaya yang berbeda dengan negara atau bangsa lain. Banyak orang di India yang percaya adanya para dewa. Karena itu, tidak mustahil bahwa salah satu tokoh wayang, adalah simbol dari dewa tertentu. Juga ada kemungkinan bahwa salah satu tokoh, adalah simbol dari nafsu tertentu, atau bahkan simbol dari ilmu tertentu. Dugaan bahwa tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ada baiknya kita mulai denga